Minggu, 06 Februari 2011

Alat-alat Peternakan


Neckchain . Neckchain adalah alat identifikasi berupa kalung terbuat dari rantai, kulit atau nilon yang digantungi plastik bernomor.

Ear tag. Ear tag adalah tanda yang dipasang pada daun telinga sebagai cirri individual ternak sapi. Ear tag biasanya terbuat dari plastik atau almunium. Keuntungannya adalah mencegah terjadinya kesalahan atau tertukarnya nomor antar sapi. Kerugiannya Ear tag dapat hilang atau jatuh serta tidak terlihat dari jauh (Santosa,1995).

Ear notch tang. Ear notch tang adalah alat yang berfungsi mengidentifikasi dengan cara merobek daun telinga dengan kode dan ukuran tertentu (Williamson,1993). Ear notch ini bersifat tetap.

Branding. Branding merupakan alat identifikasi yang terdiri dari dua macam car yang pertama Hot Branding, suatu cara pembuatan tanda atau nomor pada kulit ternak yang berupa cab besi panas yang ditempelkan pada kulit ternak selama lebih kurang 5 detik. Yang kedua yaitu Frezee Branding, suatu cara pembuatan tanda pada kulit ternak, berupa cab besi beku yang didinginkan atau dibekukan pada nitrogen cair. Kulit ternak yang akan dicap harus dibersihkan bulunya dan dicuci dengan alcohol terlebih dahulu (Blakely,1991).

Tattoo tang. Tatto tang merupakan alat identifikasi ternak pada bagian telinga dengan kombinasi huruf atau angka (Williamson,1993).

Angkle strap. Angkle strap merupakan gelang kaki plastic yang bernomor, yang dililitkan pada kaki belakang sapi (Santosa,1995).

Halter. Halter adalah alat Bantu handling sebagai ganti tali keluh yang terbuat dari rantai besi dan kulit.

Burdizzo. Burdizzo merupakan alat untuk mengkastrasi hewan jantan dengan memutuskan saluran dengan penjepit, hingga aliran darah menuju testikel putus (Blakely,1991).





DAFTAR PUSTAKA

Blakely, J and D.H. Bade. 1991. Ilmu Peternakan, edisi ke- 4. Gadjah Mada University Press. Jogjakarta

Williamson and Payne. 1993. Pengantar Peternakan di Daerah Tropis. Gadjah Mada University Press. Jogjakarta



0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger