Sabtu, 05 Februari 2011

Komoditas ternak Domba


Sistematika
Menurut Blakely (1991), sistematika ternak Domba yaitu :
Phylum : Chordata
Subphylum : Vertebrata
Class : Mammalia
Ordo : Bovidae
Genus : Ovis
Spesies : Ovis canadenis
Ovis aries

Asal-usul dan Bangsa
Domba sudah lama diternakkan orang, hanya sedikit yang dapat kita ketahui asal-usul dilakukannya seleksi dan domestikasi domba. Domba dianggap dari keturunan jenis liar seperti meufion, yaitu sejenis domba yang berekor pendek. Varietas-varietas yang terdapat di Eropa dan Asia adalah merupakan stok dasar untuk menghasilkan woll, daging, kulit serta susu (Blakely and David, 1991).

Berkembangan kegiatan perajutan dan permintaan sebagai bagian dari perkembangan kehidupan manusia, muncullah jenis dan bangsa-bangsa domba yang baru sebagai penghasil woll yang berkualitas, tentu saja dengan mengorbankan beberapa sifat yang lain. Domba Merino dari Spanyol adalah domba yang dikembangkan menjadi salah satu bangsa penghasil woll yang bagus (Blakely and David, 1991).

Domba merupakan ternak yang pertama kali di domestikan, dimulai dari daerah kaspia, Iran, India, Asia Barat, Asia Tenggara, dan Eropa. Salah satu jenis domba yang di Indonesia adalah domba ekor tipis (Salamena, 2003).


Domba  asli Indonesia


Mempunyai badan yang kecil, lambat dewasa, warna  bulu dan tanda lain tidak seragam, dan dagingnya sedikit sekali

Domba Ekor Gemuk. Berasal dari Indonesia bagian timur (Madura, Sulawesi dan Lombok). Jantan bertanduk sedangkan betina tidak, ekornya panjang, lebar dan mampu menimbun lemak yang banyak sehingga ekor menjadi sangat besar, tetapi diujung ekor tipis, karena disini tidak terdapat penimbunan lemak (Sastroamidjojo, 1983).

 

Domba import



Domba Merino. Berasal dari Spanyol, bulu  tebal,  jantan  bertanduk besar  serta melingkar-lingkar. Merupakan domba penghasil wool yang sangat baik. Mempunyai 3 tipe yaitu : tipe A bulunya sangat keriting, tipe B bulunya tidak terlalu keriting, tipe C bulunya tidak keriting yang sering disebut Delaire Merino (Blakely dan Bade, 1992).

Domba Rombouillet.  memiliki  ciri badan  besar,  dalam  dan padat, tulang  kuat,  jantan bertanduk sedangkan  yang betina tidak. Digunakan sebagai penghasil  daging dan wol yang cukup baik.(Blakely and Bade, 1992)

Domba Hampshire. Berasal dari Inggris, merupakan tipe  pedaging yang  mempunyai ciri badan padat dan dalam, leher  agak  panjang, kepala besar, telinga besar, warna bulu putih, bagian kaki bawah, muka  dan  bagian  telinga  sebelah  dalam  serta  keliling  mata berwarna coklat kehitaman, tidak bertanduk, telinga besar dan letaknya horisontal, badan besar, tegap, hidup baik dipadang rumput dan mudah beranak (Srigandono, 1991).

Domba Dorsett. Berasal dari Inggris, terkenal sebagi produsen wol dengan ciri-ciri kulit empat persegi panjang, leher sedang dan  dalam,  tanduk istimewa, tanduk jantan subur  dan mempunyai lingkaran. Jantan maupun betina berat badan bisa mencapai lebih dari 100 kg (Sastroamidjojo, 1983).

Domba Licoln. Merupakan domba tipe pedaging yang berbulu lebat, tidak bertanduk sering digunakan untuk perkawinan silang (Srigandono, 1991).

Domba persilangan

Domba Garut. Merupakan hasil persilangan antara domba asli dan domba marini dan domba ekor gemuk. Domba pejantan bertanduk besar melengkung ke belakang seperti spiral tetapi tidak begitu panjang. Pangkal tanduk kanan dan kiri hampir bersatu, tulang tengkorak lebar, sering digunakan untuk aduan, domba betina tidak bertanduk (Huitema, 1986).

Domba Kolombia. Merupakan persilangan antara domba licon dengan domba Rambonillet. Warna putih, muka lebar, tidak bertanduk, mudah beradaptasi (Srigondono, 1991).


DAFTAR PUSTAKA

Blakely, James dan David H. Bade. 1991. Ilmu Peternakan. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Sastroamidjojo .S.M. 1983. Ternak Potong dan Ternak Kerja. CV. Yasaguna. Jakarta.


1 komentar:

Anonim mengatakan...

saya sesama alumni peternakan yang juga seneng ICT, barangkali perlu sistem informasi recording domba, kita punya... sudah kita buat untuk BPT HMT margawati.. bisa ditemui di masagi solusi Jalan patriot no 22 Garut

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger